Standard Post

Anggota FPKB DPR RI Apresiasi Polisi Minta Maaf soal `Smackdown`


PKB News - Anggota Komisi III DPR-RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Moh. Rano Alfath mengapresiasi kerja cepat Polri, baik Kapolresta Tangerang maupun Kapolda Banten terkait penanganan kasus “smackdown” yang dilakukan oleh oknum Polisi dalam pengamanan aksi demo mahasiswa di Tangerang pada Rabu 13 Oktober 2021.

“Saya sampaikan apresiasi terhadap kinerja Kapolres Tangerang dan Kapolda Banten karena sudah bergerak cepat terhadap peristiwa dugaan kekerasaan yang dilakukan oleh oknum Polisi dalam pengamanan aksi demo mahasiswa," ujar Rano.

Rano, yang sebelumnya mendesak Polri untuk mengusut tuntas serta mengevaluasi oknum tersebut beranggapan bahwa Kapolres dan Kapolda sudah bergerak dengan cepat untuk menegur pelaku. Menurutnya, permintaan maaf dari Kapolda Banten mencerminkan sikap satria.

"Pelaku langsung meminta maaf kepada publik dan kepada mahasiswa terkait serta mengklarifikasi bahwa tindakannya memang tidak bisa dibenarkan. Mengakui kesalahan dan meminta maaf itu adalah sikap satria,” ungkap Rano.

Bendahara DKN Garda Bangsa ini berharap agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi. Menurutnya polisi harus mengedepankan sikap humanis saat bersentuhan dengan masyarakat. 

“Saya harap kedepannya kejadian seperti ini tidak akan terjadi lagi karena Polisi sebagai penegak hukum yang langsung bersentuhan dengan masyarakat sudah seharusnya berorientasi humanis dan mengayomi,” tutupnya.