Standard Post

Banyak yang Butuh, Gus Muhaimin Dorong PMI Drive Thru Donor Plasma Konvalesen


PKB News - Kebutuhan plasma konvalesen untuk terapi penderita Covid-19 cukup tinggi. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan, tingginya kebutuhan akan plasma perlu dibarengi dengam inovasi oleh Palang Merah Indonesia (PMI)

Dalam konteks ini, Gus Muhaimin mengusulkan PMI gencar melakulan jemput bola kepada calon pendonor agar proses pengambilan plasma lebih cepat, antara lain dengan menyediakan donor drive thru di titik-titik strategis.

“Saya mendapatkan info banyak masyarakat yang butuh donor plasma konvalesen. Nah ini perlu diimbangi dengan inovasi dan gerak cepat PMI, coba pakai sistem drive thru ya,” kata Gus Muhaimin di Jakarta, Rabu, 28 Juli 2021.

Menurut Gus Muhaimin, langkah tersebut perlu dilakukan sebagai solusi akan tingginya permintaan donor plasma konvalesen. Meski begitu, dia mengimbau kepada penyintas Covid-19 yang memenuhi syarat donor untuk menyumbangkan plasmanya atasnama kemanusiaan.

“Jadi permintaan tinggi, tentunya harus sejalan dengan ketersediaan stok plasma konvalesen,” tegas Gus Muhaimin.

Selain itu, Wakil Ketua DPR RI ini juga mengecam tindakan segelintir orang yang memanfaatkan pandemi untuk melakukan penipuan pengadaan plasma konvalesen, seperti yang terjadi di Sidoarjo, Jawa Timur.

Gus Muhaimin meminta aparat penegak hukum untuk segera mengusut kasus tersebut, sekaligus mengimbau masyarakat untuk tidak mudah terbujuk iming-iming donor konvalesen dari orang yang belum dikenal.

“Tolong segera ditindak tegas, segala praktik penipuan saat kondisi sulit begini harus dihukum setimpal. Saya juga mengimbau yang membutuhkan plasma konvalesen untuk hati-hati, sebaiknya lewat PMI saja deh,” tukas Gus Muhaimin.

Donor plasma konvalesen adalah metode donor plasma berisi antibodi dari orang yang telah sembuh dari Covid-19 kepada pasien Covid-19 yang masih dirawat. Terapi plasma bertujuan agar pasien yang masih dirawat memperoleh imunitas pasif dari orang yang sudah sembuh.

Berdasarkan kalkulasi, PMI membutuhkan 1.000 donor plasma konvalesen per hari untuk memenuhi kebutuhan para penderita Covid-19. Sedangkan saat ini rata-rata donor plasma konvalesen baru mencapai 600-an per hari.