Standard Post

Banyak Wartawan Terpapar dan Meninggal Karena Covid, Gus Muhaimin Berduka


PKBnews - Jumlah wartawan yang terpapar Covid-19 kian hari terus bertambah. Di Jakarta saja kini mencapai 200 orang hingga Kamis, 15 Juli 2021. Bahkan banyak pula wartawan yang tidak tertolong dan meninggal dunia. 

Sedikitnya ada enam jurnalis yang dilaporkan meninggal dunia per Jumat, 16 Juli 2021. Mereka adalah Yoni (Surya), Ida (Kompas), Ivan (Tempo), Hari Prasetyo (Tempo), Gatot (Antara TV), dan Nanda (Rakyat Merdeka).

Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar berdukacita mendalam usai mendengar kabar tersebut. Menurut Gus Muhaimin, wartawan merupakan pejuang informasi publik yang berada di garis depan sehingga rawan terpapar Covid-19.

"Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Duka mendalam saya untuk sahabat-sahabat wartawan. Mereka adalah pejuang informasi publik. Beristirahatlah dalam damai para sahabatku pejuang pembawa berita," kata Gus Muhaimin di Jakarta, Jumat, 16 Juli 2021.

Kepada wartawan, Wakil Ketua DPR RI ini berpesan untuk selalu waspada dan harus berhati-hati dalam menjalankan tugas keseharian meliput suatu peristiwa.

Gus Muhaimin juga berpesan seluruh wartawan di manapun berada agar menggunakan strategi peliputan tidak langsung berinteraksi dalam kerumunan orang. Jikapun harus berinteraksi, pastikan protokol kesehatan betul-betul diperhatikan.

"Tetap mematuhi protokol kesehatan secara disiplin. Jangan pernah diabaikan prokesnya. Tingkatkan empati secara internal dengan saling mengingatkan antarkawan wartawan seprofesi,” tutur Gus Muhaimin.

TERKAIT

    -