Standard Post

Atasi Corona, Gus Muhaimin Dorong 80% Penduduk Indonesia Divaksin


PKB News - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang cukup berat tidak hanya bagi Indonesia tapi juga dunia. Tidak hanya kesehatan, pandemi juga berdampak terhadap ekonomi.

Untuk Indonesia saja misalnya, corona telah membuat angka kemiskinan, pengangguran naik. Untuk kemiskinan, berdasarkan data BPS, per September 2020 mencapai 27,55 juta atau 10,19 persen dari total penduduk Indonesia. Itu naik dari Maret 2020 yang masih 26,42 juta. 

Gus Muhaimin mengatakan tidak ada harapan lain di tengah kondisi saat ini kecuali vaksin corona. “Tidak ada jalan lain minimal 80 persen penduduk Indonesia harus divaksin. Yang diperlukan adalah jumlah vaksin cukup dan vaksinasi cepat," katanya saat menghadiri vaksinasi masal di Ponpes Sa`adatuddaroin, Bandung, Rabu, 14 Juli 2021.

Wakil Ketua DPR RI sekaligus Ketua Tim Pengawas Penanggulangan Bencana Covid-19 DPR RI itu berharap program vaksinasi corona yang sudah mulai dijalankan di Indonesia bisa segera berjalan baik supaya proses pemulihan kehidupan masyarakat dan ekonomi bisa segera terjadi.

Meski begitu, Gus Muhaimin berkata vaksin saja tidak cukup tanpa adanya peran tenaga kesehatan. Tenaga kesehatan dinilainya sebagai ujung tombak suksesi vaksinasi di Indonesia. “Vaksin saja tidak cukup tanpa tenaga medis, tenaga kesehatan dan seluruh perangkat pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar,” kata dia.

Lebih lanjut Gus Muhaimin menyatakan, vaksin memang membantu meringankan dampak negatif Covid-19. Tetapi vaksin juga akan sia-sia jika tidak ditindaklanjuti dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat oleh masyarakat.

“Masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan meskipun sudah divaksin. Yaitu dengan menerapkan tradisi baru hidup sehat, melaksanakan 5 M, cara dan pola hidup sehat harus dilakukan,” tegasnya.

Karena itu, Gus Muhaimin mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi untuk 23.000 warga Bandung yang terselenggara berkat kerjasama DPC PKB Bandung dengan Pemerintah Kabupaten Bandung. Menurutnya vaksinasi itu adalah langkah penting bagi masyarakat untuk segera bebas dari pandemi.

“Saya juga terimakasih partisipasi dukungan dan bantuan semua pihak yang menyukseskan vaksinasi, wabil khusus vaksinasi hari ini adalah rangkaian hari ulang tahun PKB. Inilah salah satu persembahan ultah, semoga PKB dan kita semua ikut membantu percepatan penanganan dan pengendalian pandemi secepat-cepatnya,” tukas Gus Muhaimin.

Hadir dalam kesempatan itu Bupati Bandung sekaligus Ketua DPC PKB Bandung, Dadang Supriatna, Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal, Kapolres Bandung, Kombes Pol. Ulung Sampurna Jaya, sejumlah Anggota DPR RI dan DPRD Fraksi PKB, serta sejumlah masyarakat sekitar.