Standard Post

Rakernas Tarbiyah Perti, Gus Muhaimin Ingatkan Kontribusi Inyiak Canduang


PKB News - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar mendukung sekaligus menyampaikan selamat atas diselenggarakannya Rapat Kerja Nasional Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Tarbiyah-Perti) di Grand Sahid Jaya, Jakarta, 19-20 Juni 2021.

Menurut Gus Muhaimin, Tarbiyah Perti adalah salah satu organisasi tertua yang didirikan pada 20 mei 1930 dan turut serta memperjuangkan pendidikan di Indonesia.

"Selamat dan sukses Rakernas Tarbiyah Perti. Saya berharap Tarbiyab Perti terus hadir menjadi organisasi Islam yang memperjuangkan pendidikan yang berkarakter serta aktif di gerakan-gerakan dakwah sosial keagamaan," kata Gus Muhaimin.

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra ini mengingatkan kontribusi Syekh Sulaiman Ar-Rasulli sebagai pelopor Tarbiyah Perti di Indonesia, khususnya di Sumatera Barat.

Menurut dia, Syekh yang biasa dipanggil Inyiak Canduang adalah tokoh pejuang pendidikan yang manfaatnya dirasakan hingga saat ini.

"Pesantren Canduang (Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang) adalah bukti nyata kontribusi beliau. Dari Pesantren ini sudah banyak melahirkan santri yang juga menjadi tokoh-tokoh bangsa," terangnya.

Karena itu, Gus Muhaimin berpesan Rakernas Tarbiyah Perti dapat dijadikan momentum untuk merumuskan arah perjuangan sesuai jejak Inyiak Canduang.

"Semangat Inyiak Canduang tidak boleh luntur, bagaimana beliau gigih memperjuangkan pendidikan dan juga gerakan sosial. Tidak ada suatu bangsa yang bisa maju tanpa memajukan pendidikan," tukas Gus Muhaimin.

TERKAIT

    -