Standard Post

PKB Siap Bantu Pelaku UMKM Mengakses Permodalan dari Lembaga Pemerintah


JAKARTA, PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) siap membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengakses permodalan dari lembaga pemerintah.

"Akses permodalan menjadi salah satu aspek yang krusial dalam rangka membantu pelaku usaha untuk bangkit dari keterpurukan," kata Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi PKB, Tommy Kurniawan, kemarin.

Menurut Tommy, banyak akses permodalan dari lembaga pemerintah yang bisa membantu pelaku usaha untuk mendapatkan bantuan usaha.

"Saya siap mendampingi para pelaku UMKM dalam hal pengembangan ekonomi pasar," kata Tomy dalam diskusi bertajuk `Membangun UMKM Melalui Ekonomi Keumatan di Masa Pandemi`.

Tommy pun mengajak masyarakat untuk belanja di UMKM dalam negeri. Dia mencontohkan, hampir satu tahun pandemi di Indonesia, tak sedikit warteg yang mengalami kebangkrutan. Contoh kecil ini mengingatkan kita semua bahwa belanja di warteg atau tetangga akan sangat berarti bagi UMKM sebagai tulang punggung ekonomi.

Dia menambahkan, pembinaan juga menjadi hal yang penting. Terutama terkait adaptasi dan melatih naluri dalam menangkap peluang.

"Pembinaan UMKM dalam masa pandemi ini sangatlah penting, serta peran serta masyarakat yang harus tetap menjaga protokol kesehatan," ujar dia.

Dalam diskusi yang sama, Ketua PWNU DKI Jakarta Syamsul Ma`arif mengatakan, bicara tentang ekonomi keumatan pasti bersentuhan ekonomi syariah. Namun, menurut Syamsul, hal ini masih terasa asing di kalangan pelaku usaha UMKM.

"Orang mangatakan ekonomi syariah, ibarat bus banyak tapi penumpangnya sedikit. lembaganya banyak tapi pelaku usaha sedikit karena sedikit yang mengerti," tandasnya.

TERKAIT

    -