Standard Post

Program Prioritas PKB Adalah Kepedulian Sosial


JAKARTA, PKBNews - KETUA Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI menegaskan, kepedulian sosil menjadi prioritas program PKB 2021.

"Kepedulian sosial menjadi prioritas program PKB. Satu tahun ke depan program utama adalah menolong orang yang paling sulit. Ini program Partai Kebangkitan Bangsa dan Perempuan Bangsa. Deteksi keluarga besar, majelis, pondok pesantren, masyarakat sekitar, mana yang kesulitan segera tolong," ucap Gus AMI, dalam acara Resolusi Perempuan Bangsa 2021 di Jakarta, Senin (11/1/2021).

Menurut Gus AMI, kepedulian sosial menjadi prioritas program PKB 2021. Modal utama dalam menghadapi krisis kesehatan yang berdampak pada krisis ekonomi, kesenjangan sosial dan pengangguran adalah soliditas dan solidaritas Bangsa.

"Solidaritas ini, apabila dilaksanakan juga dapat menekan angka kriminalitas yang muncul karena kesenjangan sosial yang tinggi," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Perempuan Bangsa (PB), Siti Mukaromah berkata, tahun 2021 masih akan menjadi tahun penuh tantangan, khususnya bagi perempuan. Pandemi Covid 19 dan resesi ekonomi masih akan berlangsung bersama efek dan dampaknya.

"Perempuan Bangsa akan tetap hadir ditengah-tengah masyarakat untuk mendampingi dan berperan dalam menghadapi tantangan dan efek Pandemi Covid 19," kata Erma.

Selain bantuan-bantuan kemanusiaan kepada masyarakat sekitar yang disampaikan oleh para kader di berbagai daerah, selama masa PB juga membuat program-program yang kreatif dan inovatif, mulai dari trauma healing korban bencana (tidak hanya memberikan bantuan kemanusiaan); lomba Mars dan Hymne Perempuan Bangsa; lomba foto Instagram dalam rangka Memperingati Hari Ibu; membuat film pendek “Ibu Mata Air Dari Surga” yang menceritakan tentang bagaimana perjuangan dan pengorbanan ibu dalam mendidik dan membesarkan anak-anaknya sehingga menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Program-program kreatif ini merupakan bagian dari upaya PB Go Public, merawat dan memperluas konstituen serta menebar kemanfaatan dan kemaslahatan PKB di khalayak perempuan secara lebih luas.

Erma juga menegaskan tekad Perempuan Bangsa sebagai sayap PKB bahwa 2021, Perempuan Bangsa bertekad untuk mengaktivasi organisasi sebagai kawah kaderisasi perempuan di lingkungan PKB. PB akan menguatkan peran dan fungsi kaderisasi perempuan secara efektif serta efisien. Melakukan program dan kegiatan yang mendukung pengembangan diri kader dan membesarkan rumah besar PKB.
"Dengan kaderisasi ini, kuota 30% terpenuhi oleh Perempuan-perempuan yang berkualitas dan potensial," ujarnya.

Dalam acara Resolusi Perempuan Bangsa 2021 tersebut, Gus AMI juga mengukuhkan dan melantik Kepengurusan Perempuan Bangsa. Perempuan Bangsa juga mengumumkan pemenang lomba Cipta Mars dan Hymne Perempuan Bangsa, serta mengumumkan Pemenang Lomba Foto Cinta Ibu dimasa Pandemi. Turut hadir Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Ida Fauziyah.