Standard Post

Besok, Gus AMI dan Rocky Gerung Bincangkan Pemikiran Rendra


JAKARTA, PKBNews - KETUA Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Abdul Muhaimin Iskandar akan memperbincangkan berbagai pemikiran Rendra yang kritis terhadap kehidupan sosial politik, ekonomi, budaya, peradaban teknologi informasi dan sebagainya.

Dalam membahas pemikiran Sang Burung Merak, Gus AMI akan ditemani Rocky Gerung. Bincang-bincang pemikiran Renda sendiri digagas Komunitas Burung Merak Rendra (KBMR) terkait dengan penyelenggaraan Lomba Video Baca Puisi Rendra ke II tingkat Nasional tahun 2020.

Acara tersebut dikemas dalam forum bertajuk  "Rindu Rendra" tahun 2020. Para pembaca puisi melalui live streaming di Youtube, nantibta mereka diwajibkan membaca puisi karya Rendra berjudul "Kesaksian Akhir Abad".

"Antusiasme peserta lomba video baca puisi Rendra tahun ini memang luar biasa dan sangat responsif. Panitia telah menerima dan menyeleksi lebih dari 300 video peserta lomba baca puisi Rendra yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia," ujar Clara Sinta Rendra, putri almarhum WS Rendra di Jakarta, Jumat (6/11/2020).

Para pemenang lomba video baca puisi Rendra akan diumumkan pada puncak acara Rindu Rendra yang dilaksanakan Sabtu, 7 November 2020, jam 19.00-22.00 WIB melalui live streaming Youtube.

Tim Juri yang terdiri dari Jose Rizal Manua, Uki Bayu Sedjati dan Clara Sinta Rendra. Mereka akan menyeleksi secara ketat, memberikan penilaian dan menentukan video baca puisi Rendra yang menjadi Juara I, Juara II, Juara III dan Juara Favorit.

Panitia telah menyediakan piala Rendra,  hadiah dan piagam untuk para pemenang. Juara I mendapatkan Piala Rendra, uang Rp 5 Juta dan piagam, Juara II mendapatkan Piala Rendra, uang Rp 3,5 Juta dan Piagam, Juara III mendapatkan Piala Rendra, uang Rp 2,5 Juta dan Piagam, Juara Favorit mendapatkan piala Rendra, uang Rp 2,5 Juta dan Piagam.

Di dalam puisi berjudul "Kesakaian Akhir Abad" ada pesan moral yang ingin disampaikan Rendra terkait realitas kehidupan sosial, politik dan ekonomi di Indonesia serta kegaduhan dan riuhnya era Cybernetic.

Penyair kelahiran Solo, 7 November 1935  telah mengingatkan bahwa rakyat harus memiliki hak politik yang indepen tanpa kehilangan kemerdekaannya.

Khusus untuk hubungan Muhaimin Iskandar dan Rocky Gerung keduanya memang merupakan teman dan bersahabat akrab dari dahulu. Gus AMI tak jarang mengutip pemikiran Rendra dalam cuitannya di media sosial.