Standard Post

Gus Jazil Sayangkan Kalau Ada Menteri Kerjanya Cuma Duduk Manis


JAKARTA, PKBNews - WAKIL Ketua Umum (Waketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid atau Gus Jazil menyayangkan jika ada menteri kerjanya hanya duduk manis. Pernyataan Gus Jazil merespons pernyataan elite Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira.

"Saya sangat menyayangkan jika ada menteri di mana kita sedang dalam keadaan kesulitan semua harus bekerja keras, kok dia duduk manis," ujarnya.

Gus Jazil yang juga dipercaya sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) menyarankan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengganti menteri-menteri yang tidak mampu bekerja dengan baik. Namun, keputusan reshuffle ada di tangan Jokowi.

"Kalau menteri tidak mampu bekerja, masak dibiarkan  presiden. Meskipun itu kewenangan presiden kan harus tetap dalam batas-batas yang rasional. Kalau ada yang tidak bekerja baik karena tidak mampu atau sakit atau karena apa kan kalau dibiarkan terus kan juga wassalam," katanya.

Gus Jazil berkata, "Saya dengar (isu menteri hanya duduk manis), Cuma tidak etis lah (disebutkan)."

Sebelumnya, elite PDIP, Andreas menilai ada menteri yang tidak bekerja dengan maksimal. Andreas menyebut ada menteri yang hanya sekadar duduk manis, juga ada yang memang kurang paham terhadap apa yang seharusnya dikerjakan.

"Sementara yang seharusnya `pasang badan` menghadapi publik ada yang duduk manis, ada yang sibuk dengan agendanya sendiri, ada juga yang mungkin kagok kurang paham masalah, jadi akhirnya tidak banyak berbuat, sekadar bussiness as usual," katanya.

Padahal, kata Andreas, Presiden Jokowi punya standar kepada para menterinya untuk bisa paham dan bekerja extraordinary. Hal tersebut kerap disampaikan oleh Jokowi.

"Sementara Presiden punya standar para menterinya untuk paham situasi extraordinary dan bekerja extraordinary di bidang tugasnya masing-masing. Nampaknya situasi seperti ini yang mungkin sedang terjadi," ucap Andreas.

TERKAIT

    -