Standard Post

Gus AMI: Pemerintah Berupaya Menyelamatkan Rakyat


JAKARTA, PKBNews - PEMBERLAKUAN kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta hampir bisa dipastikan berdampak pada kelompok ekonomi bawah yang membutuhkan mobilitas dan interaksi sosial.

"Yang paling berdampak dari pemberlakuan PSBB adalah kelompok ekonomi bawah," ujar Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Bidang Kesra, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI, Selasa (22/9/2020).

Selain itu, ungkap Gus AMI yang juga Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dunia usaha yang mulai bergeliat pun kembali terhenti. Sungguh ini merupakan pilihan yang sulit. Satu sisi pemerintah ingin menyelamatkan jiwa rakyatnya, tapi di sisi lain pemerintah juga harus memastikan bahwa ekonomi harus tetep bergerak agar terhindar dari jurang resesi.

"Respon masyarakat pun beragam menyikapi soal ini. Ada yang menolak, ada juga yang bisa memahami. Tetapi satu hal, pemerintah dalam hal ini sungguh ingin mengedepankan keselamatan rakyatnya. Pemerintah dan DPR pun berjibaku dalam melahirkan kebijakan-kebijakan yang dapat meminimalisir dampak pandemi, terutama terkait ekonomi," katanya.