Standard Post

Anggap Saja Keluhan BTP Sebagai Kritik


JAKARTA, PKBNews - KETUA Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Faisol Riza tak mempermasalahkan keluh kesah Basuki Tjahaja Purnama (BTP) terkait Pertamina. Kendati pun BTP menjadi Komisaris Pertamina.

"Pak Ahok cuma ngeluh saja. Keluhannya kalau berguna memperbaiki Pertamina, bagus. Kalau ternyata tidak ya sudah. Anggap saja sebagai kritik," tegasnya, Rabu (16/9/2020).

Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bidang Olahraga, Kesenian & Milenial itu pun tidak mempermasalahkan apabila keluhan Ahok terkait Pertamina menjadi konsumsi publik. Sebab, hingga saat ini, informasi mengenai Pertamina masih terbatas.

"Saya kira ini hanya soal cara, setiap orang punya gaya. Soal konsumsi publik nggak apa-apa, biar masyarakat menilai apakah Pak Ahok dan caranya benar atau salah. Apalagi selama ini informasi mengenai Pertamina khan terbatas di masyarakat," ucap Faisol.

Faisol meminta persoalan tersebut tak perlu dibesar-besarkan. Ia pun mendorong BTP menyampaikan pikirannya tentang Pertamina secara lebih jelas. Dia tidak menginginkan informasi yang disampaikan secara terbatas menimbulkan kesalahpahaman ataupun fitnah.

"Saya justru ingin mendorong Pak Ahok menyampaikan lebih jelas pikiran-pikirannya untuk memperbaiki Pertamina. Kalau sepotong-sepotong nanti hanya jadi pergunjingan yang tidak sehat, menimbulkan salah paham dan fitnah. Pokoknya semua demi perbaikan Pertamina ke depan," katanya.

Selain itu, Faisol mendorong BTP tidak hanya menyampaikan keluhan soal Pertamina ke publik. Ia mendorong Ahok ikut menyampaikan solusi terkait permasalahan yang ada di lingkup internal.

"Sebaiknya Pak Ahok menyampaikan lagi ke publik upaya-upaya perbaikan Pertamina secara lebih komprehensif," tutur Faisol.

Lebih lanjut, Faisol juga menyoroti pihak yang mengkritik BTP. Menurut dia, setiap pihak yang tidak setuju dengan pernyataan BTP dapat menyampaikan pandangannya secara jelas.

"Kalau ada pihak yang tidak setuju dengan Pak Ahok juga bisa menyampaikan secara jelas bahwa pikiran Pak Ahok salah," tandasnya.