Standard Post

Atas Dasar Kemanusiaan, PKB Sediakan Tempat Menginap Bagi Massa Petani


PEKANBARU, PKBNews - SEKRETARIS Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Riau, Ade Agus Hartanto menegaskan, PKB menyediakan tempat istirahat bagi ratusan petani korban konflik agraria asal Tanjung Morawa, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) semata-mata atas dasar kemanusiaan.

Apalagi, kata Ade, massa yang tergabung dalam Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB) dan Serikat Tani Mencirim Bersatu (STMB) tengah melakukan aksi jalan kaki dari Sumut menuju Istana Negara di Jakarta.

"Sabtu malam mereka sampai di Kota Pekanbaru. Sekitar jam 11 malam, ratusan massa petani dari Sumut itu menginap di kantor DPW PKB Riau, Jalan OK M Jamil. Kita terima mereka atas dasar kemanusiaan. Hingga saat ini, sebagian dari mereka masih di kantor PKB Riau," katanya.

Ade berkata, PKB menerima ratusan massa ini karena memang massa sudah meminta fasilitas ke berbagai kelompok masyarakat yang ada di Pekanbaru.
Namun, kelompok yang dihubungi tak bisa membantu para petani tersebut untuk menyediakan tempat istirahat.

"Karena teman-teman PKB Riau ini sebagian besar para aktivis. Sehingga teman-teman merasa tergugah hatinya untuk membantu rakyat yang sedang berjuang, seperti serikat petani dari Sumut yang datang ke kantor PKB ini," terangnya.

Ade juga mengingatkan pengurus dan kader PKB yang melayani massa agar tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Kita sudah ingatkan para kader dan pengurus PKB yang melayani massa agar menggunakan masker dan standar protokol kesehatan Covid. Ini semua karena kemanusiaan saja, mudah-mudahan kita semua terlindungi," ucap Bakal Calon Bupati Indragiri Hulu (Inhu) itu.

Ade menambahkan, bila memang pihak pemerintah ingin melakukan rapid test massa aksi, maka PKB Riau siap mengkoordinirnya.

"Terdapat 170 orang yang terkumpul pada massa aksi ini. Kalau memang pemerintah ingin me-rapid test mereka semua, kita siap mengkoordinirnya," tutupnya.

 

TERKAIT

    -