Standard Post

FPKB Kecewa Banyak Persada Tanam Uang di Bank Swasta


KALTIM, PKBNews - FRAKSI Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) kecewa perusahaan daerah (perusda) harusnya menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Sayangnya, beberapa perusda di Kaltim justru menyimpan kas mereka di bank swasta. Padahal, menaruh uang hasil profit perusahaan ke bank pembangunan daerah maka dapat membantu pembangunan Provinsi Kaltim.

"Saya melihat ada permainan dari direksi perusda tersebut. Kemungkinan ia menilai jika menaruh uang di bank swasta justru memiliki urusan pribadi dibandingkan dengan urusan dalam pembangunan provinsi Kaltim," ucap Ketua FPKB, Syafruddin, Minggu (5/7/2020).

Syafruddin menegaskan, "Kaltim punya bank Kaltim di sektor perbankan. Harusnya perusda lain harus mendukung BUMD lain, salah satunya Bankaltimtara ini," tegasnya.

Atas temuan tersebut, pria disapa Udin ini bersama anggota DPRD Kaltim lainnya akan mengevaluasi perusda tersebut. Kemungkinan besar DPRD Kaltim akan meminta pemerintah merombak direksi jajaran perusda yang tidak mengikuti aturan.

DPRD Kaltim pun berencana membentuk panitia khusus (Pansus) terkait permasalahan Perusda yang tidak mengalami profit.

"Harus dievaluasi kenapa mereka tidak memarkirkan uangnya ke bank Kaltim. Jangan-jangan ada permainan disana. Kami akan mendorong mengganti manajemen kalau bisa merombak total," katanya.


TERKAIT

    -