Standard Post

Pemda Morut Didorong untuk Alokasikan Dana Covid-19 Bantu Pelajar dan Mahasiswa


MORUT, PKBNews - WAKIL Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Morowali Utara (Morut) Muhammad Safri mendorong Pemerintah Daaerah (Pemda) Morut untuk mengalokasikan anggaran Covid-19 guna membantu para pelajar dan mahasiswa yang sementara mengenyam pendidikan baik di Morut maupun di luar daerah. Begitu juga kepada pelajar dan mahasiswa yang hendak masuk sekolah dan kuliah tahun ini.

"Kami mendorong agar pemerintah daerah memberikan bantuan finansial kepada para pelajar dan mahasiswa. Saat ini anggaran yang terpakai baru Rp19 miliar dari Rp49 miliar yang telah disiapkan untuk penanganan Covid-19," kata Safri, Minggu (28/6/2020).

Bantuan tersebut, kata Safri, disalurkan untuk meringankan beban ekonomi keluarga para pelajar dan mahasiswa di tengah masa pandemi Covid-19 yang belum bisa dipastikan kapan akan berakhir.

"Kondisi saat ini memaksa orang tua memutar otak agar anak-anaknya tetap bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Orang tua rela bekerja lebih keras, agar masa depan anaknya bisa cerah. Oleh karena itu, pemerintah harus hadir di tengah masyarakat," ucapnya.

Tak lupa, Ketua DPC PKB Morut ini mengingatkan pemda dalam penyaluran bantuan nantinya dapat diberikan secara obyektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi.

Safri juga berharap kepada Menteri Pendidikan agar bisa memberikan kemudahan kepada pelajar dan mahasiswa dengan mengeluarkan kebijakan atau imbauan terhadap seluruh sekolah serta perguruan tinggi baik negeri maupun swasta untuk menggratiskan biaya pendidikan di masa pandemi ini.