Standard Post

Legislator PKB Dorong Desa Rancabango Jadi Desa Percontohan


SUBANG, PKBNews - DESA Rancabango, Kecamatan Patokbeusi, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar) didorong menjadi desa mandiri atau desa percontohan. Hal tersebut dikatakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) KH Maman Imanulhaq saat menggelar reses di Pondok Pesantren Minhajut Thalibin, Sabtu (27/6/2020).

"Kita akan buat forum group discussion di Jakarta untuk menyusul program yang bisa direalisasikan di Rancabango, khususnya Dusun Pungangan," katanya.

Kang Maman sapaan akarab KH Maman Imanulhaq menuturkan, potensi yang dimiliki Rancabango, khususnya Dusun Pungangan sangat bagus. Karena sangat jarang ada kampung di dalamnya terdapat beberapa pesantren.

“Kami akan bantu di bidang medsosnya," ucapnya.

Kang Maman berkata, pesantren yang ada harus terintegrasi, tapi tetap harus bersaing dalam kebaikan.

Untuk mengejar janji politisi Komisi VIII itu, tokoh muda Rancabango, Ahmad Fauzi Ridwan mengaku siap untuk menyusul apa yang disampaikan. Termasuk membentuk FGD yang diusulkan oleh KH Maman Imanul Haq.

"Kami akan bentuk tim untuk menjemput janji Pak Kiai," tuturnya.

Dia juga menyampaikan, di Kabupaten Subang, hanya di Dusun Pungangan dimana satu dusun memiliki tujuh pesantren. Kalau peluang itu dioptimalkan maka akan menjadi model pesantren percontohan.

Selain itu, kemandirian desa sebenarnya sudah terlihat di Rancabango, karena berbagai potensi yang dimiliki, baik dari perdagangan, pertanian, perikanan, UMKM dan lain sebagainya.

"Tinggal disinkronkan dengan program pemerintah," kata Direktur BUMDes Berkah Abadi Desa Rancabango itu.

TERKAIT

    -