Standard Post

Timwas Lakukan Kunjungan Kerja ke Kemenkes


JAKARTA, PKBNews - TIM Pengawas Penanganan Covid-19 Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang dipimpin Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) kembali melakukan kunjungan kerja. Kali ini kunjungan dilakukan ke kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Kehadiran Ketua Tim Pengawas Penanganan Covid-19 dan tim diterima langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

Menurut Gus AMI, ada banyak hal yang dibahas dalam kunjungan kerja tersebut, tak terkecuali soal skema new normal (kebiasaan baru).

"Hari ini kita semua melakukan pengawasan penanggulangan wabah Covid-19. Dan agenda kita berikutnya adalah menyiapkan kehidupan new normal dengan protokol kesehatan," katanya, Rabu (17/6/2020).

Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meminta Kemenkes untuk serius mempersiapkan segala hal sebelum skema new normal itu diberlakukan.

"Kita juga bersyukur bahwa pada dasarnya ada mekanisme yang serius dalam melaksanakan new normal," tuturnya.

Sementara itu, Menkes Terawan menyambut baik kedatangan Gus AMI bersama rombongan ke kantor Kemenkes. Dia berkomitmen untuk menjalankan setiap arahan dan aspirasi DPR.

Terawan menyatakan kunci dari penanganan Covid-19 ada pada kedisiplinan masyarakat. Menurut dia, semakin tinggi kedisiplinan mereka, maka semakin besar pula Covid-19 bisa dicegah.

"Semua intinya dalah protokol kesehatan harus dijalani dengan disiplin. Kalau protokol kesehatan dijalankan dengan disiplin dan digerakkan secara masif oleh masyarakat sendiri itu kan tidak usah dari atas, dari bawah sendiri sudah muncul kesadaran akan protokol kesehatan, saya yakin gelombang kedua bisa dicegah. Kuncinya di disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan," tandasnya.