Standard Post

FPKB Katingan Usulkan Pemdes Tempel Nama Penerima Bansos


KABUPATEN KATINGAN, PKBNews - FRAKSI Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan mengusulkan agar pemerintahan desa (pemdes) menempelkan nama-nama penerima bantuan sosial (bansos) di titik distribusi bantuan maupun di kantor desa. Hal tersebut untuk memastikan penyaluran bansos tepat sasaran.

"Kami meminta pemerintah daerah menempelkan nama-nama warga penerima bansos di titik distribusi bantuan atau kantor desa," kata Sekretaris FPKB DPRD Katingan, H Hanafi, Jumat (8/5/2020).

Menurut Hanafi, intruksi tersebut akan lebih efektif jika datang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan.
 
"Pemkab Katingan menginstruksikan kepala desa menempelkan nama-nama penerima BLT dan Bansos lainnya di papan pengumuman Kantor desa, hal ini agar mudah dimonitor," kata dia.

Hanafi melihat dengan ditempelnya nama-nama penerima bansos, maka menjadi sinyal positif, menjadi lebih terbuka dan transparan, sehingga masyarakat bisa saling mengawasi.

“Saya juga mengajak semua elemen masyarakat baik tokoh agama, tokoh masyarakat, LSM dan media agar sama-sama memonitor bansos dan bantuan lainnya agar tepat sasaran," ucapnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Pemkab Katingan, melalui Dinas Sosial Katingan melakukan pendistribusian sebanyak 5868 paket bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) untuk penanganan wabah virus Corona atau Covid 19 ke semua wilayah kecamatan.

"Kita sama-sama awasi agar distribusi bantuan ini tepat sasaran," ucap Hanafi.

Kemudian, dia juga menjelaskan bantuan serupa juga rencananya akan didistribusikan, pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.

"Tentu kita tidak ingin terjadi salah sasaran, yang seharusnya mendapatkan bantuan justru tidak mendapatkan, sedangkan yang seharusnya tidak mendapatkan bantuan, malah dapat," katanya.

TERKAIT

    -