Standard Post

Belajar dari Vietnam, BUMN Diminta Memproduksi Bilik Disinfeksi


PKBNews - BADAN Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang kesehatan diminta untuk belajar cara mengatasi virus Corona atau Covid 19 dari Vietnam. Dimana, negara yang dipimpin Nguyễn Phú Trọng itu berhasil menekan angka penyebaran virus Corona dengan memproduksi bilik disinfesi.

"Sebaiknya BUMN yang bergerak dibidang kesehatan bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi misalnya, dapat segera membuat bilik disinfeksi yang menyemprotkan zat natrium chlorida (garam) buat dimanfaatkan banyak warga masyarakat," ujar Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Marwan Jafar, Jumat (27/3/2020).

Dengan begitu, kata Marwan, pemerintah tidak perlu menerapkan lockdown untuk mencegah penyebaran virus Corona. Masyarakat pun harus disiplin menjalankan imbauan-imbauan pemerintah.

"Selain ikhtiar pembuatan bilik disinfeksi, ada baiknya dibuat di Indonesia oleh BUMN sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Di samping itu, upaya-upaya seperti isolasi mandiri disarankan terus dipraktekkan secara disiplin, ikhlas oleh segenap warga masyarakat," kata mantan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) itu.

Sebelumnya, beberapa instansi pemerintah secara mandiri telah membuat bilik disinfektan. Polri menjadi lembaga yang paling giat memproduksi bilik disinfektan.

Polres Banjar, Polres Gresik dan Polres Pasuruan telah membuat bilik disinfektan yang ditempatkan di area kantor mereka. Selain itu, rumah tahanan (rutan).

TERKAIT

    -