Standard Post

Politisi PKB Dorong BUMN Impor Obat Mujarab untuk Atasi Covid 19


PKBNews - BADAN Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Biofarma, Indofarma dan Kimia Farma diminta untuk segera mengimpor obat mujarab yang dapat mengatasi Covid 19. Impor tersebut harus berdasarkan refrensi terpercaya, artinya sudah digunakan sejumlah negara di dunia dengan tingkat kematian nol persen bagi pasien positif Covid 19.

"Saya mendorong sejumalah badan usaha farmasi plat merah untuk segera mengimpor obat mujarab untuk atasi Covid 19. Tentu, obat tersebut diimpor berdasar referensi terpercaya, sudah digunakan sejumlah negara dengan tingkat kematian nol bagi pasien posifif Covid-19," ujar Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Marwan Jafar, kemarin.

Kata Marwan, Rusia, Uni Emirat Arab (UEA), Peru dan Slovakia menjadi negara-negara yang mampu menahan atau mengatasi wabah virus Corona secara signifikan dengan obat mujarab tersebut.

"Saya kira sangat baik jika BUMN sektor farmasi dapat segera mengimpor obat itu. Atau alternatif lain, BUMN farmasi bisa membeli lisensi obat itu agar bisa diproduksi di sini," ucapnya.

Mantan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Mendes PDTT) itu berkata, obat mujarab itu dikenal sebagai Umifenovir dengan merek dagang antara lain Arbidol untuk antivirus influenza.

"Atau ada obat lain seperti Lopinavir, Ritonavir dan Favipiravir," ucap Marwan.

TERKAIT

    -