Standard Post

Sesuai Arahan Gus Muhaimin, Seluruh Anggota FPKB DPR RI Bekerja dari Rumah


PKBNews - SESUAI arahan Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin terkait pendemi Covid19, Ketua Fraksi PKB Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Cucun Ahmad Sjamsurizal merumahkan seluruh anggota, tenaga ahli, staf fraksi di DPR untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kebijakan ini diambil sesuai intruksi ketua umum, sudah jelas meminimalisir kontak langsung dan proses transportasi yang ketemu banyak orang," katanya, kemarin.

Menurut Cucun, bekerja dari rumah tak hanya dilakukan oleh Anggota FPKB DPR RI saja, namun juga di DPRD kabupaten/kota, itu semua dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Intruksi sudah disampaikan ke seluruh jajaran fraksi baik DPR RI maupun DPRD. Semua pekerjaan kita gunakan fasilitas teknologi work from home," katanya.

Legislator asal daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat itu berkata, kebijakan merumahkan seluruh jajaran fraksi itu bersifat sementara dan sewaktu-waktu bisa dievaluasi.

"Sejak instruksi Ketua Umum kita tindak lanjuti kemarin (Senin, 16 Maret 2020). Nanti ada pemberitahuan lagi disampaikan kalau kondisi sudah membaik," ujar Cucun.

Berikut arahan Gus Muhaimin kepada seluruh anggota Fraksi PKB di DPR/DPRD dan seluruh kader PKB:

1. PKB turunkan tim medis untuk ngecek kesehatan warga yang memerlukan dari rumah ke rumah.
2. Setiap DPW dan DPC PKB menjadi posko hotline menjadi pusat orang kontak minta pengecekan kesehatan dalam rangka tindakan preventif covid19
3. Menyediakan relawan medis membantu penyemprotan disinfektan ke rumah2 atau daerah rentan
4. Seluruh struktur partai mulai DPW hingga ranting (desa) melakukan pendataan dan mengedukasi masyarakat sekitarnya terkait corona (bahan2 terkait cegah corona, baik berupa pamflet maupun bahan medsos disebarkan ke semua jaringan partai)
5. PKB mendukung dan terus memastikan agar pemerintah punya cukup kamar rumah sakit sekaligus mendorong pemerintah mempercepat penyiapan tempat yang dapat dikonversi sebagai rumah sakit darurat
6. Mendorong pemerintah memobilisasi dokter, teknisi lab, paramedis dll harus dipastikan tersebar di semuadaerah yang dinilai rentan.
7. PKB memperjuangkan untuk UKM yang tidak bisa bekerja akibat terdampak Covid19 agar dibantu pemerintah dengan sebuah kebijakan yang terukur dan efektif
8. PKB mengingatkan pemerintah agar punya cukup anggaran penanganan covid19 dan dampak ekonominya. PKB menginstruksikan kepada FPKB untuk membantu pemerintah mewujudkan itu semua.
9. Masyarakat harus tetap hidup sehat, menjaga lingkungan, menghindari kegiatan publik yang tidak perlu, dan aktif mensosialisasikan cara-cara pencegahan covid19 melalui media komunikasi, medsos dan sebagainya.
10. Seluruh media sosial pengurus dan kader serta anggota PKB wajib dipenuhi dengan sosisalisasi langkah dan kebijakan pemerintah dalam mengatasi covid19 serta berbagai informasi yang penting untuk masyarakat guna mencegah persebaran virus corona.
11. PKB mengapresiasi seluruh langkah dan kebijakan pemerintah serta mendorong semua pemerintah daerah untuk bersinergi dengan pemerintah pusat dan semua stakeholder lainnya dalam melakukan langkah dan kebijakan penanganan covid19. Hanya dengan bersatu, bersinergi dan saling bahu-membahu semua elemen pemerintahan dan bangsa Indonesia, pengatasan covid19 akan semakin efektif dan meminimalisir korban maupun dampaknya dipelbagai bidang kehidupan.

TERKAIT

    -