Standard Post

Ketum PB Targetkan Kader Perempuan Semakin Banyak di Pemerintahan


PKBNews - KETUA Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Perempuan Bangsa (PB) Siti Mukaromah menargetkan semakin banyak kader perempuan di pemerintahan. Baik itu legislatif, yudikatif maupun eksekutif.

"Kami memiliki target untuk semakin banyak menempatkan kader perempuan di pemerintahan. Bukan hanya untuk legislatif namun juga eksekutif," katanya, kemarin.

Erma sapaan akrab Siti Mukaromah, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kali ini harus diisi figure berkualitas.  

"Ketika kami mengusung figur tertentu sebagai kepala daerah, bukan hanya untuk mengisi kuota, namun calon yang bersangkutan juga memiliki kapabilitas untuk diusung," katanya.

Dia menambahkan, PB memiliki segudang potensi untuk berkiprah di kedua posisi, baik sebagai anggota dewan maupun menjadi kepala daerah.

"Ini bukan hanya untuk eksekutif, namun juga legislatif," terangnya.

Bukan sekadar mendorong pencalonan, Erma juga siap untuk membantu langkah pemenangan. Di antaranya, dengan ikut berkampanye di sejumlah daerah yang mengusung kader perempuan dari PKB.

"Saya siap keliling daerah. Di Jateng, Ketua DPW-nya sudah berkomunikasi dengan kami untuk ikut turun. Begitu pun dengan Jatim, sebagai kader partai kami juga siap," katanya.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah (Jateg) VIII berkata, di wilayah Jawa Timur ia telah mendapat sejumlah bocoran nama yang akan maju di Pilkada. Di antaranya, Khozanah Hidayati, kader PKB yang akan maju di Pilkada Tuban.

"Di Jawa Timur, ada Mbak Khozanah yang maju untuk Tuban. Kami sudah ngobrol. Apabila kami diminta, kami siap untuk turun (kampanye)," katanya.

Tak sekadar menggunakan mesin pemenangan partai, para perempuan PKB juga dikenal dekat dengan sejumlah elemen organisasi massa.

Di antaranya dengan Nahdlatul Ulama (NU) melalui banom perempuannya, Fatayat NU dan Muslimat NU.

"Selain dengan memaksimalkan peran partai, kami juga akan menguatkan jaringan organisasi yang selama ini terbangun. Misalnya, dengan membangun komunikasi bersama perempuan NU. Itu bisa menjadi modal pemenangan," tandas Wakil Ketua Ketua PP Fatayat NU ini.

Di Jatim, PKB memiliki banyak politisi perempuan yang menduduki posisi legislatif maupun eksekutif. Di DPRD Jatim misalnya, PKB menyumbang kader perempuan terbanyak. Dari 22 Anggota perempuan di DPRD Jatim, 11 di antaranya dari PKB.