Standard Post

Hanya FPKB yang Setuju Pembangunan RSUD Sidoarjo Barat dengan Skema KPBU


PKBNews - FRAKSI Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sidoarjo menjadi satu-satunya fraksi yang menerima pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo Barat dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Sementara enam fraksi lainnya menolak skema KPBU.

"Fraksi PKB tetap mendukung skema KPBU pada pembangunan RSD Sidoarjo Barat. Sebab, konsep dasar KPBU mengacu pada Perpres 38 / 2015 Pasal 1 (6) Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha yang selanjutnya disebut sebagai KPBU adalah kerjasama antara pemerintah dan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur untuk kepentingan umum dengan mengacu pada spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Menteri," kata juru bicara FPKB DPRD Sidoarjo, Saiful Ma’ali, kemarin.

Saiful mengingatkan ada banyak proyek yang menggunakan skema KPBU yang bisa dijadikan contoh. Misalnya saja, dalam proyek pembangunan air bersih umbulan, baik di Sidoarjo maupun di Surabaya.

Saiful menjelaskan, hal itu sebagai salah satu contoh, bagaimana pemerintah pusat mendorong penggunaan skema KPBU tersebut.

Sementara enam fraksi lainnya beralasan penggunaan skema KPBU bertentangan dengan sejumlah regulasi. Salah satunya undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit (RS).

TERKAIT

    -