Standard Post

Semangat Oposisi Tak Ada Kaitannya dengan Untung atau Rugi


PKBNews - KETUA Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bidang Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Energi (SDM dan SDE) Daniel Johan memastikan bahwa semangat oposisi tidak ada kaitannya dengan untung atau rugi.

"Justeru partai yang tidak memiliki wakil di lingkup internal pemerintah adalah oposisi. Semua partai nonpemerintahan, bukan hanya PKS, tetapi juga PAN dan Demokrat," katanya, kemarin.

Pernyataan Daniel menanggapi atas pernyataan Ketua Umum PAN terpilih, Zulkifli Hasan (Zulhas) yang mengatakan PAN akan dirugikan jika menjadi oposisi.

Fungsi oposisi, lanjut Daniel, mengontrol jalannya pemerintahan. Esensi oposisi yakni menghadirkan suatu keseimbangan supaya proses demokrasi di Tanah Air berjalan sebagaimana mestinya.

"Semangat oposisi juga bukan urusan untung rugi. Tapi bagaimana ikut mengontrol jalannya pemerintahan dengan memberikan antitesis dari yang dijalankan pemerintah, agar dialektika demokrasi dan pembangunan bisa berjalan lebih baik yang mampu membawa kemajuan untuk Indonesia," katanya.

Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republil Indonesia (DPR RI) menegaskan, partai mesti menentukan positioning dengan siapa mesti berteman.

"Paling tidak, kita tidak bermusuhan dengan banyak orang," tandasnya.