Standard Post

PKB Apresiasi Rencana Presiden Bangun Terowongan Silaturahmi


PKBNews - DEWAN Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengapresiasi rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun terowongan silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral.

"Silakan saja di bangun," ujar Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bidang Pertahanan dan Keamanan, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut), kemarin.

Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) itu mengingatkan agar toleransi jangan cuma berhenti pada sesuatu yang simbolik.

"Itu penting agar kita tidak terjebak pada hal-hal yang simbolik," kata Gus Yaqut.

Gus Yaqut menegaskan, harus ada gerakan-gerakan yang mengajarkan toleransi kepada warga negara yang ditebar keseluruh pelosok negeri setelah membangun `terowongan silahturahmi.`

"Saya ingin mengingatkan, toleransi itu jangan cuma simbolik. Setelah terowongan dibuat, buatlah gerakan-gerakan yang mengajarkan toleransi kepada warga negara. Jangan berhenti cuma simbolik saja," ucap Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor itu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan rencana pembangunan terowongan bawah tanah yang disebut sebagai terowongan silaturahmi.

Terowongan itu dibangun di antaran Masjid Istiqlal dan Geraja Katedral. Rencana ini disampaikan Jokowi di saat peninjauan renovasi Masjid Istiqlal.