Standard Post

Eks ISIS Pantas Dipulangkan Jika Benar-benar Bertobat


PKBNews - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memiliki pertimbangan sendiri mengapa tidak berkenan Warga Negara Indonesia (WNI) eks ISIS pulang ke Tanah Air. Namun, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menilai WNI eks ISIS layak dipulangkan ke Tanah Air jika benar-benar ingin bertobat.

"Pasti Pak Presiden punya pertimbangan tersendiri untuk kebaikan dan kemaslahatan bangsa agar kondisi stabilitas keamanan dan pemahaman, pemikiran yang salah tentang sikap beragama itu harus diluruskan," ujar Ketua FPKB Cucun Ahmad Syamsurijal, kemarin.  

Mantan Ketua Umum (Ketum) Dewan Koordinator Nasional (DKN) Garda Bangsa Cucun menilai WNI eks ISIS layak diberi kesempatan untuk memperbaiki diri. Namun, Anggota Komisi III DPR itu menekankan wacana pemulangan WNI eks ISIS itu harus dikaji secara mendalam.

"Jangan ditolak, beri kesempatan untuk memperbaiki diri. Memang harus dibahas secara hati-hati keputusan pengembalian ini. Kalau masih mengancam ketenteraman negara harus diantisipasi," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku tak setuju dengan pemulangan WNI eks ISIS ke Indonesia. Namun, kata Jokowi, hal itu masih perlu dibahas dalam rapat terbatas.

"Kalau bertanya pada saya, ini belum ratas lho ya, kalau bertanya pada saya, saya akan bilang `tidak`. Tapi masih dirataskan. Kita ini pastikan harus semuanya lewat perhitungan kalkulasi plus minusnya semuanya dihitung secara detail dan keputusan itu pasti kita ambil di dalam ratas setelah mendengarkan dari kementerian-kementerian dalam menyampaikan. Hitung-hitungannya," katanya.

TERKAIT

    -