Standard Post

Gus Sholah Sosok Rendah Hati dan Toleran


PKBNews - BERPULANGNYA KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) ke pangkuan Ilahi meninggalkan kesedihan mendalam bagi masyarakat, termasuk politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur (Jatim). Sebab, Gus Sholah adalah role model tokoh yang rendah hati dan toleran.

"Gus Sholah merupakan sosok yang rendah hati dan tidak bersekat dengan masyarakat," kata Ketua Fraksi PKB Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim, Fauzan Fuadi, kemarin.

Menurut Fauzan, sosok Gus Sholah sudah dikenalnya ketika masih menempuh pendidikan di bangku kuliah. Waktu itu sekitar 2005, saat dirinya masih Ketua PC PMII Kota Malang pernah mengundang Gus Sholah untuk hadir dalam sebuah acara mahasiswa.

"Saya pernah mengundang beliau hadir dalam sebuah kegiatan dan saya tidak menyangka sama sekali kalau beliau berkenan hadir," tuturnya.

Padahal, kata Fauzan, ia mengundang Gus Sholah hanya via telpon. Tentu saja waktu itu dirinya hanya mahasiswa biasa, tidak dikenal oleh Gus Sholah.

"Saya merasa bersalah dan tidak sopan, tokoh sekelas beliau hadir di acara kami tanpa terlebih dahulu kami sowan kepadanya," tuturnya.

Saat ini, katanya, bangsa Indonesia pasti sangat kehilangan sosok hangat dan bersahaja seperti beliau. Sosok yang menjadi panutan dalam kerendahan hati dan teladan dalam berpikir.

"Sugeng tindak, Gus Sholah. Kami semua akan selalu merindukan pemikirannya," tandasnya.

TERKAIT

    -