Standard Post

PKB Desak Pemerintah Lakukan Pemulihan Infrastruktur di Lima Desa


PKBNews - PEMERINTAH didesak untuk segera melakukan pemulihan infrastruktur pasca banjir di lima desa, Kecamatan Guntur. Pasalnya, recovery infrastruktur sangat diperlukan masyarakat.

"Kami mendesak pemerintah terkait untuk segera melakukan recovery atau pemulihan infrastruktur pasca banjir," kata Wakil Ketua Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) H Fathan Subchi disela-sela memberikan bantuan sosial bersama Firstimasdiani selaku pejabat Perwakilan Bea Cukai Jateng-DIY di Balai Desa Trimulyo

Menurutnya, selain infrastruktur jalan, yang mendesak diperbaiki adalah saluran irigasi, jalan pertanian, sarana prasarana sekolah dan lainnya termasuk gedung madrasah yang ikut terdampak banjir akibat jebolnya Sungai Tuntang beberapa waktu lalu.

"Kami dari DPR RI turut mendorong recovery infrastruktur tersebut bisa segera dilakukan. Ini menjadi prioritas penganggaran di APBN dan APBD. Kalau menjadi siklus tahunan, mestinya APBD Demak juga harus ada untuk penanggulangan bencana seperti ini," kata Fathan.

Bantuan diantaranya berupa 700 paket sembako senilai Rp30 juta dan uang tunai sebesar Rp 36 juta. Bantuan diterima langsung Kades Trimulyo, Suwandi dan disaksikan Kabid Kedaruratan BPBD Demak Suprapto. Sebelumnya, bantuan logistik dan lainnya juga diberikan Fathan bersama mitra BRI dan BNI. Juga bantuan sembako 500 dus melalui Muslimat NU Guntur. Menurutnya, pemulihan infrastruktur adalah salah satu cara mengembalikan kehidupan masyarakat yang terdampak banjir.

"Ini juga bagian dari partisipasi kami selaku wakil rakyat terkait fungsi pengalokasian anggaran. Jadi, yang penting adalah recovery-nya," kata Sekretaris Fraksi PKB DPR RI itu.

Senada dengan Fathan, Anggota DPRD Demak dari Fraksi PKB Zayinul Fata menambahkan, upaya recovery pasca banjir diperlukan, termasuk bantuan subsidi untuk petani gagal panen serta sekolah yang kena banjir. Pihaknya yang bertugas di DPRD Demak juga turut mendorong perbaikan infrastruktur jalan, saluran irigasi dan gedung gedung sekolah yang rusak akibat banjir.

"Recovery ini penting sebagai bentuk kepedulian dan keberpihakan kepada rakyat korban banjir. Mas Fathan Subchi sendiri selaku anggota DPR RI juga telah membantu setidaknya 50 titik irigasi dari Kementerian PU. Mudah-mudahan perjuangan kami di PKB ini bisa bermanfaat untuk masyarakat," katanya.

TERKAIT

    -