Standard Post

Ruslan Minta Mendes PDTT Bantu Peningkatan SDM Aparatur Desa di Aceh


PKBNews - ANGGOTA Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) H Ruslan M Daud meminta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur desa terutama geuchik (kepala desa) di Aceh.

"Peningkatan kapasitas SDM geuchik perlu dilakukan secara berkelanjutan supaya memiliki dampak yang besar bagi kemajuan Aceh," kata Ruslan, kemarin.

Kata Ruslan, peningkatan SDM kepala desa sangat diperlukan mengingat dana APBN yang dikelola oleh geuchik dalam jumlah besar. Sehingga dibutuhkan strategi peningkatan kapasitas geuchik secara maksimal dan terukur.

"Seperti kemampuan perencanaan, pengawasan dan pelaporan," ujarnya.

Mantan Bupati Bireun ini meminta Menteri Desa PDTT memberikan perhatian khusus kepada Aceh mengingat ketertinggalannya dalam berbagai aspek seperti angka kemiskinan tinggi, penggangguran dan pertumbuhan ekonomi yang rendah.

"Seharusnya dana desa kan bisa meminimalisir masalah tersebut, tapi ini semua sangat tergantung dari kapabilitas kepala desa," ujar Ruslan.

Menanggapi permintaan tersebut, Mendes PDTT Abdul Halim berkata, program peningkatan kapasitas kepala desa memang menjadi prioritas program kementerian yang dipimpinnya.

"Kementeriannya sangat siap menindaklanjuti aspirasi Pak Ruslan. Saya akan arahkan direktorat teknis terkait untuk berkoordinasi lebih lanjut tentang rencana peningkatan kapasitas SDM kepala desa di Aceh," katanya.

 

TERKAIT

    -