Standard Post

DPP PKB Mendukung Kader Internal NTT Maju di Pilkada 2020


PKBNews - DEWAN Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal mendukung penuh kader internal yang akan maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020

"Jika ada kader internal yang maju, maka partai akan mendukung penuh," kata Anggota Desk Pilkada DPP PKB, Syaiful Huda saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) Dewan Pengurus WIlayah (DPW) PKB Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam rangka Pilkada 2020 di sembilan kabupaten, kemarin.

Juru Bicara DPP PKB itu berkata, dalam rakor di DPW PKB NTT tentu akan membahas soal persiapan PKB NTT dalam menghadapi Pilkada serentak di sembilan kabupaten di NTT.

"Kita dari DPP PKB ingin pilkada di Indonesia termasuk NTT harus sukses. Karena itu, lewat rakor tentu kita melihat peta politik lokal yang ada di NTT," tutur Syaiful Huda.

Kata Syaiful Huda, target-target secara lokal juga akan dipetakan secara baik, termasuk koalisi. Ditanyai soal koalisi PKB dengan partai politik lain, kata Ketua Komisi X DPR RI, secara relatif semua kabupaten di NTT yang akan menggelar Pilkada, PKB akan berkoalisi.

"Kita harus koalisi dan koalisi kita terbuka bagi semua parpol, karena untuk membangun daerah harus bekerja sama. Selain itu kita harus melihat juga dinamika politik lokal, sebab Pilkada ini lokalistik," ujarnya.

Syaiful Huda menuturkan, DPP PKB ingin percepatan, sehingga daerah mana yang sudah fiks soal koalisi dan bakal calon, maka bisa disampaikan ke DPP untuk ditetapkan agar bakal calon bisa bekerja.

"Semakin cepat bekerja maka semakin dicintai masyarakat," katanya.

Soal tahapan, ia mengakui, ada daerah yang melalui penjaringan dan ada juga yang langsung disetujui .

"Setelah penjaringan akan ada juga fit and proper test, kemudian ada juga survey," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Paengurus Wilayah(DPW) PKB NTT Yucundianus Lepa mengatakan, kader PKB di beberapa daerah sudah maju. Mereka mendaftar namun belum siap menjadi bakal calon bupati, kecuali bakal calon wakil bupati.

Rakor DPW PKB NTT ini berlangsung tertutup dihadiri Ketua DPW PKB NTT, Yucundianus Lepa dan Sekretaris DPW PKB NTT, Aloysius Malo Ladi, sejumlah pengurus DPW PKB NTT, diantaranya, Ana Waha Kolin, Yohanes Rumat, John Lakapu, Mercy Piwung dan lainnya.

Hadir pula pimpinan PKB sembilan kabupaten yang menggelar pilkada. Untuk diketahui sembilan kabupaten yang melaksanakan pilkada 2020 di NTT, yakni Kabupaten Belu, Malaka, TTU, Sabu Raijua, Manggarai,Manggarai Barat, Ngada, Sumba Timur dan Kabupaten Sumba Barat.